##########http://android888.blogspot.com#######

Fotodroids, Komunitas Android Fotografi Indonesia

Written By komentar on Saturday, March 3, 2012 | 10:13 PM


Jakarta - Andrography -- yang berasal dari kata Android Photography -- adalah bagian dari mobigraphy yang pengambilan dan pengeditan fotonya menggunakan smartphone dengan sistem operasi yang sedang booming saat ini, Android.

Seperti halnya iPhoneography yang sudah muncul terlebih dahulu, Andrography hadir karena memiliki komunitas yang solid dan besar di belakangnya. Salah satu yang terbesar adalah Fotodroids.

Komunitas Andrography pertama ini terbentuk pada 30 Januari 2011. Awalnya, komunitas ini hanya terdiri orang-orang Indonesia, tapi seiring dengan pertumbuhannya, Fotodroids memiliki anggota yang tersebar di berbagai negara.

Fotodroids terbentuk dengan harapan dapat mengajak, mendorong, dan mewadahi teman-teman yang memiliki minat yang sama di Andrography. Kita mengajak pengguna gadget Android untuk saling berbagi dalam bentuk foto, bahkan tidak hanya saling berbagi, tetapi juga saling bersosialisasi dalam bentuk foto.

Saat ini ada ratusan ribu foto yang tersebar di dunia maya dengan hashtag #fotodroids. Fotodroids mewadahi para pecinta Andrography dengan membagikan tips dan trik menghasilkan foto yang bagus dan menarik melalui Android dan memberikan update terbaru mengenai aplikasi-aplikasi fotografi apa saja yang baru dan bagus di perangkat ber-OS robot hijau itu.

Misi Sosial

Meski anggota milisnya baru berjumlah hampir 500 orang (data terakhir 23 Januari 2012, total anggota 494 orang), namun Fotodroids sudah turut ambil bagian dalam isu-isu sosial dan event nasional.

Sebut saja #PrayforJapan yang diadakan pasca Jepang terkena tsunami. Dukungan moril yang diberikan Fotodroids melalui foto-foto di media foto sosial diapresiasi oleh teman-teman kita di Jepang.

Fotodroids pun ikut berpartisipasi dalam acara Ennichisai 2011: Jakarta Little Tokyo, yang merupakan festival kebudayaan Jepang. Dan yang paling istimewa, Fotodroids mengambil bagian dalam perhelatan PictFest2011, bahkan dengan anggota komunitas yang memenangkan lomba PictFest2011 terbanyak.

Kegiatan rutin Fotodroids yang sudah berjalan adalah WeeklyChallenge, piXout, piXout trip, dan gathering. WeeklyChallenge adalah kegiatan mingguan Fotodroids untuk mendorong anggota agar aktif membagikan foto dengan tema tertentu yang telah ditentukan.

piXout sendiri intinya adalah acara hunting foto bersama anggota Fotodroids. Kata piXout diambil dari kata 'pixel' dan 'out'. piXout ini biasanya diadakan seminggu sekali di masing-masing kota, yang sudah berjalan adalah di Jakarta, Aceh, Banjarmasin, Semarang, dan Surabaya.

piXout trip adalah kegiatan hunting foto yang ke luar kota. Tahun lalu yang sudah berjalan adalah ke Bali. Dan tahun ini trip direncanakan akan mengambil tempat di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.

Beberapa aplikasi yang sering digunakan untuk mengambil dan/atau mengedit foto oleh teman-teman di Fotodroids di antaranya adalah Picsay Pro, Vignette, Camera360, Photoshop Touch, dan LittlePhoto. Masih banyak aplikasi lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu di sini.

Fakta-fakta mengenai Fotodroids:

Managers:
  • Lean Nasution (Streamzoo id: @LeanNst)
  • Johanes Juda (Streamzoo id: @johjuda)
  • Lutfi Hidayat (Streamzoo id: @LutfiHidayatR)
  • Alex Chandra (Streamzoo id: @th1rt33nth)
  • Robert Tanamas (Streamzoo id: @roberttanamas)

Fotodroids di Internet:
  • Mailing list: fotodroids@googlegroups.com. Cara subscribe ke Mailing List Fotodroids, kirim email kosong ke: fotodroids+subscribe@googlegroups.com
  • Website resmi: www.fotodroids.net
  • Streamzoo: @fotodroids (http://www.streamzoo.com/user/fotodroids)
  • Twitter: @fotodroids (http://www.twitter.com/fotodroids)
  • Facebook: http://www.facebook.com/pages/Fotodroids/205702702803719

Jadi bagi yang ingin belajar mengenai Android fotografi dan cara mengolah foto dengan Android, segera siapkan Android devicenya lalu segera join ke mailing list Fotodroids.

Sumber: Fotodroids; Detikinet

0 comments:

Post a Comment