##########http://android888.blogspot.com#######

Raspberry Pi

Written By komentar on Monday, October 28, 2013 | 6:56 PM

Raspberry Pi merupakan komputer berukuran sebesar kartu kredit yang bisa dipasangkan dengan televisi dan papan ketik. Meskipun kecil dan beratnya hanya 45 gram, tapi komputer ini bisa digunakan untuk melakukan hal-hal yang biasa dilakukan komputer dekstop seperti mengolah spreadsheet, menggunakan aplikasi perkantoran pengolah kata (word processor), hingga bermain Games. Bahkan, komputer ini juga bisa menayangkan video high-definition.
 
Komputer ini diluncurkan pertama kali pada 29 Februari 2012 dan dikenalkan ke publik dalam 2 model, yaitu Model A dan Model B. Model A terdiri dari prosesor ARM1176JZFS 700MHz, RAM 256MB, chip grafis Videocore 4GPU, saluran Composite dan HDMI, saluran audio, saluran SD Card, serta satu saluran USB. Model ini dijual seharga $25 atau berkisar 250 ribu Rupiah.
 
Model B juga memiliki spesifikasi yang sama dengan penambahan dua saluran USB dan saluran Ethernet untuk koneksi internet. Model ini dijual seharga $35 atau berkisar 350 ribu Rupiah.
Kualitas chip grafis Raspberry Pi sendiri setara dengan tampilan XBox 1. Dengan spesifikasi seperti ini, Raspberry Pi bisa menampilkan film berkualitas BlueRay. Adapun koneksi ke layar televisi menggunakan saluran Composite, sedangkan HDMI untuk koneksi ke televisi cerdas (smart-tv) atau monitor komputer. Pengembang sendiri sengaja tidak menambahkan saluran VGA yang banyak digunakan komputer saat ini. Alasannya, teknologi saluran VGA tidak lama lagi akan berakhir.
 
Sehingga pengembang Raspberry Pi cenderung menggunakan saluran Composite dan HDMI.
Penyimpanan data Raspberry Pi sendiri menggunakan SD Card. SD Card yang direkomendasikan untuk perangkat ini sebesar 4GB. Meskipun begitu, Raspberry Pi bisa dipasang SD Card dari yang terkecil 2 GB hingga yang terbesar 32 GB. Bagi yang ingin menggunakan perangkat penyimpanan yang lebih besar, Raspberry Pi memungkinkan penggunaan Harddisk yang dihubungkan melalui saluran USB. Namun, untuk menjalankan perangkat ini, SD Card mutlak diperlukan.
 
Sedangkan untuk sistem operasi, Raspberry menggunakan dan mendukung secara resmi Linux Debian. Meskipun begitu, Raspberry Pi juga menyediakan sistem operasi lainnya, yaitu: Arch Linux Arm, RISC OS, dan Raspbian “wheezy”. Semua sistem operasi ini bisa diunduh di situs Raspberry Pi. Meskipun begitu, Raspberry Pi tidak menutup kemungkinan untuk pengguna memasang sistem operasi lainnya, seperti Android dan Ubuntu. Sayangnya, Android sendiri belum stabil dipasang di Raspberry Pi, sedangkan Ubuntu tidak mengembangkan dukungannya untuk perangkat ini.
Uniknya, Raspberry Pi dijual tanpa casing atau wadah. Pengguna akan mendapatkan komputer ini hanya berupa papan sirkuit dengan berbagai perangkat penyusun sebuah komputer. “Saat ini, tidak ada wadah resmi,” tulis Raspberry di halaman Pertanyaan yang Sering Diajukan (Frequently Ask Questions – FaQ). “Kami sarankan untuk melihat forum dan membaca beberapa tulisan tentang wadah yang bisa Anda beli atau buat sendiri,” tandasnya.
 
Raspberry Pi sendiri dikembangkan untuk tujuan pendidikan di seluruh dunia, khususnya belajar pemrograman komputer siswa sekolah. Komputer ini mulai dikembangkan sejak 2006 silam di Inggris oleh lembaga non-profit Raspberry Pi Foundation. Lembaga ini beranggotakan relawan dan akademisi teknologi Inggris.
Adapun proses perakitan dan distribusinya ke seluruh dunia dilakukan oleh Premier Farnell/Element 14 dan RS Components. Hingga September 2012, komputer ini sudah terjual lebih dari 500 ribu unit ke seluruh dunia. Proses pemesanan bisa dilakukan melalui situs kedua perusahaan distributor Raspberry Pi tersebut.
 
Memasuki 2013, Raspberry Pi mulai memasuki sekolah-sekolah di Inggris. Pasalnya, Menteri Pendidikan Inggris, Michael Grove, merubah haluan pembelajaran komputer sekolah di negara tersebut dari aplikasi perkantoran ke Sains TIK. Langkah ini diambil guna mencetak penemu-penemu di bidang TIK di Inggris seperti Mark Zuckerberg pendiri Facebook dan Larry Page yang membangun Google.***

1 comments:

Unknown said...

Terimakasih gan informasi, untuk temen temen yang butuh raspberry bisa pesan di bali-electro.com :)

Post a Comment